Demi Layanan Digital, Gadis Cantik Asal Toraja ini Bisa Akses Program JKN-KIS dengan Mudah

Avatar

PEDULIRAKYAT.CO.ID, TORAJA UTARA – Berbagai inovasi pelayanan digital dari BPJS Kesehatan telah menjawab kebutuhan peserta. Kemunculan Mobile JKN serta Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) menjadi pilihan layanan yang seringkali diakses oleh peserta Program JKN-KIS untuk mendapatkan pelayanan administratif secara online.

Himelda (28), salah seorang peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), telah membuktikan sendiri kemudahan layanan tersebut dan berbagi pengalamannya kepada tim Jamkesnews, Senin (01/02/2021) beberapa pekan lalu.

“Saat itu saya ingin mengakses layanan turun kelas. Saya mendapatkan informasi dari salah seorang kerabat bahwa layanan sudah bisa dilakukan via Whatsapp (WA), jadi tidak perlu lagi mengurus ke kantor BPJS Kesehatan. Namun saat itu saya masih memiliki tunggakan iuran sehingga petugas mengarahkan saya untuk melunasi tunggakan dulu baru bisa mendapatkan pelayanan turun kelas,” kata Himelda sesuai dilansir Jamkesnews, Kamis (25/2/2021).

Himelda mengapresiasi pelayanan BPJS Kesehatan yang sangat mudah dan cepat terhadap kebutuhan peserta dengan selalu memanfaatkan teknologi yang memudahkan peserta mengakses pelayanan dimana saja, salah satunya melalui penyediaan kanal pembayaran melalui mobile banking.

“Pelayanan administrasi kini bisa lewat aplikasi, pembayaran iuran pun dapat diakses melalui smartphone jadi semuanya serba dipermudah. Saat telah melunasi tunggakan, saya bisa langsung mengakses pelayananan turun kelas, kebetulan waktu itu saya ingin turun ke kelas 3,” tambahnya.

Ia juga mengatakan bahwa tidak butuh waktu lama untuk menanti pelayanan turun kelas. Hanya beberapa saat saja perubahan data hak kelas perawatan bisa ia dapatkan. Petugas yang melayani pun sangat kompeten dan ramah sehingga ia bisa memperoleh layanan dengan baik.

“Selain mendapatkan pelayanan, saya juga diberikan informasi lain oleh petugas, salah satunya dengan melakukan unduh aplikasi Mobile JKN melalui smarthphone. Setelah saya lakukan rupanya aplikasi tersebut menyediakan fitur-fitur yang sangat bermanfaat. Ternyata bisa juga melakukan perubahan kelas lewat Mobile JKN.

Aplikasi tersebut juga sangat mudah dipahami dan perubahan dapat dilakukan sendiri oleh peserta. Perubahan data maupun penyediaan informasi juga tersedia. Pokoknya semuanya jadi lebih mudah karena akses informasi dan layanan lainnya sudah tersedia di genggaman,” paparnya. (Jamkesnews/RedaksiPeduli).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *