Berita  

Rumah Baca Api Literasi Akan Menggelar Kajian Malam Insan Berkemajuan

Avatar

PEDULIRAKYAT.CO.ID, LAMONGAN — Bernalar kritis menjadi salah satu nilai-nilai yang dirumuskan dalam enam sikap pelajar Pancasila sesuai arahan Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Karena itu, bernalar kritis perlu dimiliki anak muda Indonesia.

Rumah Baca Api Literasi (RBAL) akan menggelar Kajian Malam Insan Berkemajuan (KAMISAN) (25/3) malam. Kegiatan yang akan diadakan secara daring tersebut merupakan kajian yang bertahap dengan tema “Paradigma dan Nalar Kritis”.

Founder Rumah Baca Api Literasi Fathan Faris Saputro menyampaikan dalam hal bernalar kritis pada praktiknya bisa dilakukan dengan memilah informasi. Saat mendapat informasi, harus pandai memilah-milah dan menafsirkan serta menggunakan informasi untuk kebaikan, kepada pedulirakyat.co.id pada Senin, (22/03/2021)

“Milenial perlu membaca dulu dan melihat fenomena secara kritis atas informasi yang diperoleh mereka,” ujar Faris.

Maheswari Ayu P. dari pegiat Rumah Baca Api Literasi juga mengatakan karakter bernilai kritis adalah satu kemampuan yang penting dimiliki kita semua.

“Untuk menunjang kesuksesan, bukan hanya dibutuhkan nilai sekolah ataupun IPK, akan tetapi karakter mendasar seperti memiliki bernalar kritis”, ujar Ayu.

Kader IPM bojonegoro ini menyebutkan di era digital memberikan tantangan tersendiri bagi pendidikan karakter terutama bernalar kritis.

Menurut Ayu, selain memberi kemudahan, era digital justru lebih banyak tantangan bagi pendidikan karakter karena pengaruh negatif juga masuk. Misalnya melalui konten-konten dewasa dan kekerasan, jadi pelajar pun perlu bernalar kritis atas informasi yang ada.

Pelajar Pancasila harus memiliki filter terhadap nilai-nilai yang tidak sesuai Pancasila pada era digital tersebut. Karena itu, kata dia, dalam menumbuhkan bernalar kritis pada peserta didik, tak bisa hanya mengandalkan guru, tetapi juga butuh bimbangan orangtua di rumah.
(Preli/RedaksiPeduli).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *