Berita  

Muhammadiyah Cabang Ujung Tanah Kota Makassar Gelar Pengajian Pembekalan Ramadhan

Avatar

PEDULIRAKYAT.CO.ID, MAKASSAR — Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh kemuliaan. Memasuki bulan mulia tersebut, hendaklah kita memiliki persiapan yang matang. Persiapan utama adalah persiapan ilmu, sebab orang yang beribadah tanpa didasari ilmu, ibadahnya bisa jadi sia-sia.

Hal itulah mendasari Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Ujung Tanah, Kota Makassar, menggelar pengajian menyongsong Bulan Ramadan 1422 H. Berdasarkan maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang penetapan hasil hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah, 1 Ramadhan 1422 Hijriah jatuh pada 13 April 2021.

Pengajian PCM Ujung Tanah tersebut digelar Sabtu (20/3/2021), di Masjid Amanah Muhammadiyah Ujung Tanah. Pengajian ini mengangkat tema “Bekal Menuju Ramadhan”.

Dalam sambutannya, Ketua PCM Ujung Tanah, Ahmad Zainal menyampaikan bahwa kajian ini dilaksanakan untuk menyegarkan kembali materi-materi seputar Ramadhan, khususnya penguatan kepada warga persyarikatan.

Tampil sebagai narasumber, Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Makassar KH. Sudirman. Dalam kajiannya, ia menekankan pentingnya setiap muslim dibekali ilmu sebelum beramal. Demikian pula menyambut Ramadan, butuh bekal khusus.

Selain membekali diri dengan ilmu, KH Sudirman juga menekankan pentingnya bersemangat dalam menyambut Ramadan. Setiap Ramadan, ungkapnya, kita harus memiliki target. Target utamanya adalah ketakwaan, dengan meninggalkan larangan-larangan Allah swt. Ia juga mengajak warga Muhammadiyah senantiasa memiliki semangat dan berorientasi akhirat. serta memiliki kerjasama yang baik di seluruh jenjang pimpinan.

Ditemui setelah pengajian, Sekretaris PCM Ujung Tanah Lukman Ismail menambahkan bahwa meski kita masih berada dalam situasi Pandemi COVID-19, kehadiran Ramadan tetap harus disambut dengan riang gembira.

“Inilah momentum yang disiapkan Allah swt, agar kita bisa lebih dekat kepada-Nya. Caranya dengan mengisi Ramadan dengan amalan-amalan yang wajib maupun sunnah, sesuai contoh yang diberikan Nabi Muhammad saw. Mari kita sama-sama bermohon kepada Allah swt, agar pandemi segera berlalu,” tandas Kandidat Doktor Ilmu Sosiologi Universitas Negeri Makassar ini.

Pengajian dihadiri para Anggota PCM, Pimpinan Majelis/Lembaga, Pimpinan Cabang Aisyiyah, dan Pimpinan Ortom Angkatan Muda Muhammadiyah tingkat Cabang Ujung Tanah.

Para guru SD Muhammadiyah 7 Ujung Tanah, SMP Muhammadiyah 2 Makassar, dan SMA Muhammadiyah 5 Makassar juga hadir sebagai peserta pengajian. Acara dilanjutkan dengan pemberian Kartu Tanda Anggota Muhammadiyah kepada para tenaga pendidik yang belum bernomor baku Muhammadiyah. (RedaksiPeduli).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *