Polisi Tangkap Kades Pakai Dana Desa untuk Liburan dan Pesta Pernikahan

264158

PEDULIRAKYAT.CO.ID, LAHAT — Seorang oknum kades asal Lahat, Sumatera Selatan ditangkap polisi setelah diduga menilap dana desa ratusan juta rupiah. Mirisnya, dana itu diduga digunakan sang kades untuk berlibur dan pesta pernikahan.

Tindak pidana korupsi pengelolaan dana desa dilakukan Anhar Juhari (47), Kades Kota Raya Darat, Pajar Bulan, Kabupaten Lahat. Korupsi dilakukan Anhar seorang diri tanpa dibantu staf dan jajaran.

“Benar ada oknum kades yang ditangkap karena korupsi dana desa. Jumlahnya Rp 486 juta dari total pagu Rp 586 juta lebih yang berasal dari APBN,” terang Kapolres Lahat, AKBP Ferry Harahap saat dimintai konfirmasi sesuai dilansir Kamis, 30 Mei 2019.

Dikatakan Ferry, dana desa yang diduga ditilap sang kades merupakan dana anggaran tahun 2016 lalu. Padahal dana desa itu seharusnya digunakan untuk perbaikan jalan pertanian.

“Dana desa itu sesuai RAB untuk bangun jalan usaha tani, tapi itu tidak digunakan. Setelah dicek pihak inspektorat, hampir semuanya digunakan untuk kepentingan pribadi dia,” kata Ferry.

“Kepentingan pribadinya ini seperti apa. Pertama dia gunakan untuk pesta nikah keponakanya. Kedua, dia dipakai untuk jalan-jalan atau bisa dikatakan ini untuk liburan uangnya,” sambung Ferry.

Ferry menjelaskan, modus yang dipakai oleh sang kades tidak lain yakni dengan memberikan faktur fiktif. Meskipun jalan sudah sempat mau dikerjakan, ternyata hingga kini tidak terlihat wujudnya.

“Kami sempat tanya, yang dikerjakan di mana? Dia bilang ‘nggak ada’. Memang setelah kami cek nggak ada jalan yang dikerjakan. Artinya negara telah rugi Rp 486 juta lebih. Anhar tersangka tunggal,” kata Ferry.

Atas perbuatanya, sang kades kini harus mendekam di dalam sel tahanan Polres Lahat. Dia terancam Pasal 2 dan 3 UU RI Nomor 31 tahun 1999 yang telah diubah dalam UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sumber: https://m.detik.com/news/berita/d-4398942/polisi-tangkap-kades-di-sumsel-yang-pakai-dana-desa-untuk-liburan-dan-mantu

39 KOMENTAR

  1. Kami mohon juga yang di kab.tanah toraja segera di periksa setiap desa-desa yang mendapat bantuan danah desa,khususnya yang di kec.bittuang desa sinai se’seng di mana kepala desa di sinai se’seng yang pertama telah tersebar kalau dia pake dana desa untuk keperluan pribadi di mana saat ini di gantikan posisi anaknya yang sekarang,kami mohon segera di periksa secara teliti karenah perkembangan di desa itu sama sekali tidak ada

  2. Oya infonya dong, bikin sertifikat tanah bayar atau tidak, dan tolong diadakan sidak disetiap kelurahan, khususnya Desa / kelurahan Labuhan Ratu Baru, way jepara lamtim

  3. Tolong di cek juga kepala desa di desa oloboju kec.Sigi Biromaru Kab.Sigi Sulawesi tengah. Karena di beberapa tempat ada jalan yang rusak jembatan hampir putus tapi belum ada tindakan dari pemerintah.
    Terima kasih

  4. Di NTT juga harus di periksa, banyak juga kepala desa yang menyalahgunakan Dana desa, yang membuat Rakyat semakin menderita.

  5. Ternyata banyak ya oknum Kades yg menggunakan jabatannya untuk kepentingan pribadi, dimana ya fungsi aparat Desa yg lainnya…?

  6. Banyak cara kades buat nilap dana desa,dana desa yg ada hanya setengah yg di kelola setengah nya lagi buat makan kades,seperti ATK kantor main bon aja sebenarnya sudah dianggarkan tetapi tidak ada pelaksanaannya,Mirisnya lagi keluhan sudah disampaikan ke kecamatan malah kecamatan diam saja,kades kenyang ekbangsos kecamatan pun kenyang itulah realita DD di kalimantan barat khususnya kab ketapang

  7. Desa2 di belitung juga tolong di cek
    Ada indikasi ke arah korupsi khususnya di desa tanjung tinggi,

    Beberapa oknum perangkat desa kehidupannya tidak sesuai gaji,
    Bahkan ada yag bikin rumah ratusan juta rupiah padahal ga punya usaha aatau kerjaan lain,hanya bendahara desa,punya jam mahal 5 jutaan,dll banyak lagi

  8. Tlg juga pak inspektorat madura kabupaten bangkalan desa janglor anggaran pembangunan pagar kuburan di korup sama kadesnya

  9. Mohon desa Margodadi kec Ambarawa, Kab pringsewu Di periksa, desa kami tdk ada perubahan sama sekali selama puluhan tahun kecuali pembangunan balai desa , terus masyarakat yg miskin dpt bedah dr pemerintah pun msh Di mintai Dana untuk mendirikan rmh tersebut, karna setahu saya warga yg miskin yg mendapat bedah rmh dr pemerintah tdk di pungut pajak dan biaya lain, mereka untuk mkn sehari2 pun susah kok msh Di minta duit 5 sampai 8 jt untuk Dana pembangunan rmh tersebut sampai masyarakat tesebut kembang kempis Utk mencari Dana tersebut , ada lagi Di pesawaran juga demikian hingga mereka pasrah tdk membedah rmh tersebut karna faktor biaya tersebut.

    • Itu udah salah yg dapat bedah rumah,dapat dananya sekitar 15juta,sdah dengan biaya bangunnya,walaupun rumahnya sederhana.
      Di mohon di audit di prov lampung keseluruhannya.

  10. ada juga pak SMAN 7 BANDAR LAMPUNG KKN PAK .SEMUA GURU HONOR ,SUDAH 3-5 bln gk d bayar

    cuma adek kandungnya yg d gaji ,ada 3adiknya yv honor pK.,,

    TOLONG PAK D CEK ,
    KEPALA SEKOLAHNYA PAK SUDARISMAN .

    KARNA D SMAN 7 itu ada saudara juga yv honor ,,silakan turun ke daerah ,pak

  11. Andai daerah banten curugbitung lebak.
    Desa ciburuy..
    juga bisa seperti itu… Yg dapat bantuan mlah org2 mampu..
    Yg janda lansia mlah borok2 dapet..

  12. Pemerintah dan pihak terkait tolong liat jembatan Noe Bunu di Nusa tenggara timur kab.
    Timor tengah selatan .kondisinya memprihatinkan..

  13. daerah kami gk nya pernah ad kades di tangkap padahal beli mobil bikin rumah hasil dana desa..karna bangunanya terbengkala..coba sesekali di usut di desa kwala musam.kec batang serangan.kab.langkat.sumatra utara.itu pun kalau berani karna preman semua orang2 kades nya juga atasan2nya

  14. jgn cmn kadesx yg diperiksa, tetapi semua yg tergolong pengelolaang dana pemerintah, dari aparat kepolisian pun harus diperiksa, karna ada petugas menangani kasus sengketa tanah, kl orang berduit sellau dimenangkan kl orang susah malah di abaikan laporanx.

  15. Kabupaten batu bara,sumatera utara
    Tlng la pak di audit dan di tinjau,tepat ny di desa antara dsn 1 pak.
    Dari mulai saya kecil smpai saya berusia 25 cmn pengerasan aj pak.. sama pengecoran jln pak,itu pun cmn sbgian pak.
    Jd kmn la pak anggaran desa selama ini.
    Mohon bantu an ny ya pak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here