Kegiatan itu, mengusung Tema “Melahirkan Da’i Yang handal serta Up date menjawab tantangan Zaman”. Kegiatan ini Terselenggara atas kerja sama Bidang dakwah dan pengkajian Islam pimpinan daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Gorontalo dengan majelis tabligh dan Tarjih pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Gorontalo serta disupport oleh Lazismu Kota Gorontalo.

Ruslin Ma’ruf Sebagai Ketua Panitia melaporkan bahwa tujuan kegiatan ini untuk Melatih pemuda pemuda agar bisa jadi imam dan khatib apa lagi menjelang Ramadhan. Dibutuhkan Imam yang bisa membuat jamaah nyaman berjamaah di Masjid.

“Adapun jumlah Peserta yang mengikuti kegiatan ini Sebanyak 38 Peserta terdiri dari utusan masjid Muhammadiyah Se Kota Gorontalo  dan mahasiswa,” ujar Ma’ruf.

Sementara itu Pemuda Muhammadiyah Kota Gorontalo, Zainuddin dalam sambutannya mengatakan bahwa pelatihan Imam dan Khatib adalah Solusi untuk menjawab kekurangan Imam dan khatib.

“Alhamdulillah dalam pelatihan ini menghadirkan Instruktur yg pengalaman jadi Imam dan khatib. Metode Pelatihan 30 persen Teori dan 70 praktek karena ini jadi Iman dan khatib adalah Skil dan modal utamanya adalah Keberanian dan Percaya diri yang Tinggi ,“ kata Jay panggilan akrabnya. (RedaksiPeduli).