Resmi Keluar dari Koalisi Anies Baswedan, Begini Keputusan Partai Demokrat

Avatar

PEDULIRAKYAT.CO.ID, JAKARTA — Melalui pernyataan resmi oleh Partai Demokrat yang disampaikan oleh Andi Mallarangeng, telah mengambil keputusan dalam rapat Majelis Tinggi Partai (MTP) hari ini terkait dukungan terhadapt Capres Anies Baswedan, Jumat (1/09/2023) sesuai dilansir beberapa informasi.

Dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua MTP, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), serta dihadiri oleh Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Partai Demokrat mengumumkan pencabutan dukungan terhadap Anies Baswedan sebagai calon presiden dalam Pilpres 2024.

Andi Mallarangeng menjelaskan, bahwa baru saja Majelis Tinggi Partai selesai mengadakan rapat.

“Kami membahas posisi Partai Demokrat dalam Koalisi Perubahan, dan tentu saja tentang calon presiden yang didukung Partai Demokrat. Memang dalam AD/ART kewenangan tentang koalisi partai maupun pencalonan calon presiden dalam Pilpres ada di Majelis Tinggi Partai,” jelasnya.

“Sehingga tadi Majelis Tinggi Partai melakukan rapat membahas hal tersebut, membahas posisi Partai Demokrat dalam Koalisi, serta pencalonan calon presiden yang tadinya saudara Anies Baswedan,” tambahnya.

Setelah rapat dilakukan Pimpinan Partai Demokrat, maka resmi mengumumkan dua keputusan penting,  yaitu:

Pertama, Partai Demokrat mencabut dukungan kepada Anies Baswedan dalam Pilpres 2024. Ini merupakan perubahan signifikan dalam perjalanan politik menuju Pilpres.

Kedua, Partai Demokrat tidak lagi menjadi bagian dari Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP), koalisi politik yang telah dibentuk selama ini. Keputusan ini diambil karena Partai Demokrat merasa telah terjadi pengingkaran terhadap kesepakatan yang telah dibangun selama ini.

Diperkirakan, Keputusan tegas ini akan mengubah dinamika jelang Pilpres 2024. Munculnya perubahan dukungan dari salah satu partai besar seperti Partai Demokrat.

Diketahui, Partai Demokrat keluar dari Koalisi Anies karena ia kecewa atas sikap Surya Palo selaku Ketua Umum Partai Nasdem baru-baru ini mengumumkan Anies Baswedan selaku Calon Presiden dan akan mendampingi Anies selaku Wakil Presiden pada Pemilu 2024 yaitu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sapaan akrabnya selaku Ketua Umum PKB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *