Hadirkan Empat Akademisi, DPD IMM Sulsel Sukses Gelar Dialog Pendidikan

Avatar

PEDULIRAKYAT.CO.ID, MAKASSAR — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Sulawesi Selatan menggelar kegiatan Dialog Pendidikan, Minggu (3/9/2023) kemarin.

Kegiatan Dialog Pendidikan tersebut mengusung tema Kolaborasi Berkemajuan SDM Unggul dan Berdaya Saing.

Dialog Pendidikan DPD IMM Sulsel ini digelar di Mini Hall Fakultas Pertanian Lantai 6 Gedung Menara Irqa Unismuh Makassar.

Dengan menghadirkan Tokoh Pendidik yakni Prof Dr Irwan Akib, MPd, Mitra Fachruddin MB, selaku Anggota DPR-RI Komisi X, Dr Ir Abd Rakhim Nanda ST MT IPM, selaku Wakil Rektor I Unismuh Makassar, Prof Dr Jamaluddin S.Sos M.Si selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Sidrap Rappang.

Kegiatan dialog pendidikan yang di inisiasi oleh DPD IMM Sulsel khususnya dalam hal ini Bidang Riset Dan Pengembangan Keilmuan (RPK), mengangkat tema tentang Kolaborasi Berkemajuan; Membangun SDM unggul dan berdaya saing.

Sebagaimana yang disampaikan ketua DPD IMM Sulsel, Ilmiawan bahwa tema ini tidak terlepas dari realitas kader yang perlu untuk mengupgrade potensi dan soft skill guna menjadi kader yang unggul dan mampu berdaya saing di situasi yang serba kompetitif saat ini.

“Ini adalah langkah awal bagi DPD IMM Sulsel untuk kedepan menyusun program prioritas khususnya menjembatani kader-kader IMM untuk mampu melanjutkan study,” ujar Ilmiawan.

Selain itu, Prof. Irwan Akib selaku ketua PP Muhammadiyah menyampaikan mengenai pentingnya pendidikan dan profesionalisme akademik bagi kader IMM Sulsel. Saat ini Muhammadiyah memiliki program MSPP yang orientasinya membantu kader-kader muhammadiyah untuk mempersiapkan bekal dalam melanjutkan study.

“Tentu ketika ingin menjadi kader yang kompetitif maka kualitas pendidikan hrus terus di tingkatkan,” jelas Prof. Irwan.

Hal serupa juga disampaikan oleh Prof. Jamaluddin selaku rektor UMS Rappang. Berangkat dari pengalaman beliau selalu rektor UMS saat ini, terobosan-terobosan yang dilakukan oleh kampus -kampus saat ini sangat mendukung lahirnya SDM Unggul.

“Tentu perlu adanya inisiatif, kolaboratif bagi institusi pendidikan melihat kondisi dan karakter SDM saat ini sehingga segala kebijakan dan program, mampu mendorong minat dan meningkatkan kemampuan potensi dan skill mahasiswa,” ungkap Prof. Jamal.

Selai itu, dalam penyampaiannya, Dr. Ir.rakhim nanda,ST.,MT.,IPM selaku sekretaris umum PWM Sulsel juga turut mengingatkan pentingnya profesionalisme akademik dan penguasaan bahasa kepada kader-kader IMM. Agar dapat menjadi kader yang kompetitif, perlu juga adaptif dengan kondisi zaman saat ini. Literasi digital ditambah penguasaan bahasa internasional akan menjadi alat dan jalan bagi kader IMM untuk mampu mengakses dunia global.

Lanjut, Mitra Fakhruddin MB selaku Anggota komisi X DPR RI, sangat mengapresiasi pelaksanaan dialog pendidikan yang di inisiasi oleh DPD IMM Sulsel. Adanya diskusi interaktif ini, akan menjadi langkah awal bagi kader IMM untuk mampu menganalisis kelemahan dan mampu melihat peluang besar kedepannya khususnya dalam peningkatan kualitas pendidikan.

“Pemerintah dan saya pribadi sangat support apabila kader IMM serius melanjutkan jenjang pendidikan. Karena lewat rute pendidikan, kita mampu berkompetisi di luar sana,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *